Pekerja membangun pondasi utnuk jalan tol. 

Kementerian PUPR bersama Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) memulai pembangunan Jalan Tol Solo-Yogyakarta-Yogyakarta Internasional Airport (YIA) Kulon Progo sepanjang 96,57 km. Jalan tol yang menghubungkan Provinsi Jawa Tengah dengan DI Yogyakarta ini diharapkan akan memperlancar konektivitas dan meningkatkan perekonomian masyarakat karena akan tersambung dengan Tol Trans Jawa ruas Semarang-Solo. Selain itu juga akan meningkatkan aksesibilitas menuju kawasan pariwisata di bagian selatan Pulau Jawa seperti Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) Borobudur.

Pembangunan Jalan Tol Solo-Yogyakarta-Bandara YIA Kulon Progo terdiri dari tiga seksi, yakni seksi I Kartosuro-Purwomartani sepanjang 42,37 Km, seksi II Purwomartani-Gamping sepanjang 23,43 Km dan Seksi III Gamping-Purworejo sepanjang 30,77 Km.

Jalan Tol Solo-Yogyakarta-Bandara YIA Kulon Progo yang memiliki 9 simpang susun direncanakan akan dioperasikan secara bertahap pada 2023 dan ditargetkan beroperasi penuh pada 2024 mendatang.   ( Foto : Kementerian PUPR )

BUAT BALASAN

Silakan berkomentar
Masukkan nama Anda